top of page

CINITY NEWS

CINITY NEWS

Pentingnya Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Hunian

Mengenal Konsep Ruang Terbuka Hijau

Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut Green Open Space atau area terbuka yang ditumbuhi oleh tanaman hijau yang berfungsi sebagai ruang publik di lingkungan perkotaan.


Ruang Terbuka Hijau (RTH) memberikan beragam manfaat yang positif bagi masyarakat dan lingkungan.


Konsep ini bertujuan untuk membantu menjaga keseimbangan ekologi di perkotaan.


Tak jarang, ada beberapa kawasan hunian yang sangat memperhatikan dan peduli terhadap keberadaan RTH yang dapat memberikan banyak manfaat seperti menghasilkan udara yang menyegarkan, lingkungan yang lebih sehat, dan memberikan kualitas hidup yang lebih baik bagi penduduk disekitarnya.

ruang terbuka hijau, rth
Contoh Ruang Terbuka Hijau Dalam Sebuah Kawasan

Manfaat Ruang Terbuka Hijau

Lebih jelasnya selain daripada itu ada banyak sekali manfaat dari Ruang Terbuka Hijau di dalam satu kawasan diantaranya:


Kesehatan Fisik dan Mental: Ruang terbuka hijau menyediakan tempat untuk berolahraga, berjalan-jalan, bersepeda, atau bermain, yang dapat meningkatkan aktivitas fisik dan kesehatan jantung.


Aktivitas fisik ini membantu mengurangi risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan lainnya.


Selain itu, berada ditengah-tengah alam dan lingkungan yang menyegarkan juga dapat meredakan stres, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi tingkat depresi.

rth, ruang terbuka hijau, cinity
Aktivitas Olahraga Diruang Terbuka Hijau

Kualitas Udara yang Lebih Baik: Tanaman di ruang terbuka hijau berperan dalam menyaring partikel debu dan polutan dari udara, sehingga membantu meningkatkan kualitas udara di dalam kawasan serta menghasilkan oksigen yang berguna bagi kesehatan manusia.


ruang terbuka hijau, rth, cinity
Ruang Terbuka Hijau Dalam Suatu Kawasan Memberikan Kualitas Udara Yang Lebih Baik

Pengendalian Banjir: Ruang terbuka hijau dapat menyerap air hujan dan mengurangi aliran permukaan, sehingga membantu mengendalikan banjir di kawasan.


Efek Pulau Panas: Ruang terbuka hijau membantu mengurangi efek panas di perkotaan, di mana suhu di perkotaan cenderung lebih tinggi daripada di pedesaan.


Estetika Kota: Ruang terbuka hijau memberikan elemen estetika yang penting bagi keindahan kawasan. Taman-taman yang indah, pepohonan yang rindang, dan bunga-bunga yang berwarna-warni menambah daya tarik visual dan membuat lingkungan kawasan menjadi lebih menarik.



ruang terbuka hijau, rth
Ruang Terbuka Hijau menambah Estetika Kota

Tempat Rekreasi dan Sosialisasi: Ruang terbuka hijau menjadi tempat yang ideal untuk beraktivitas rekreasi, seperti piknik, bermain dengan keluarga, atau berkumpul dengan teman-teman sehingga memperkuat ikatan antarwarga dalam komunitas.


Peningkatan Properti: Adanya ruang terbuka hijau di dalam kawasan juga dapat meningkatkan nilai kawaaasan tersebut. Lingkungan yang hijau dan menyenangkan menjadi daya tarik bagi calon pembeli atau penyewa.


Manfaat-manfaat tersebut yang bisa Anda rasakan saat tinggal di kawasan yang memperhatikan pentingnya area Ruang Terbuka Hijau seperti Cikarang International City (CINITY) yang memiliki lebih dari 30 Hektar Green Outdoor Space.


Contoh Ruang Terbuka Hijau

ruang terbuka hijau, rth
Contoh Ruang Terbuka Hijau

Ini dia beberapa contoh RTH yang akan ditemukan di CINITY, diantaranya:


Taman Lingkungan: Taman lingkungan adalah taman kecil yang biasanya terletak di antara perumahan atau kompleks apartemen.


Untungnya, mencari hunian dengan RTH tak sesulit dahulu. Sekarang Anda dapat menemukannya dengan mudah dengan harga yang bervariasi.

Seprti yang bisa kamu temukan saat tinggal di Premier Lake Residence, sebuah hunian yang mengusung konsep Hunian Asri Terintegrasi di kawasan CINITY.


Mengedepankan keasrian dan lingkungan yang hijau dan sehat didalamnya, Premier Lake Residence menawarkan banyak ruang publik hijau sebagai fasilitas untuk penghuninya seperti Jogging Track, Meditation Park, Outdoor Gym, Bike Area, Reflexology Park, dan lain sebagainya.


Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut bisa menghubungi kontak dibawah ini https://bit.ly/CinityContact


Taman Kota: Taman kota adalah area terbuka yang didesain untuk rekreasi dan kegiatan luar ruangan. Taman ini sering dilengkapi dengan jalur pejalan kaki, area bermain anak-anak, tempat duduk, dan taman bunga yang indah.


Salah satunya rencana taman kota yang akan dikembangkan dalam kawasan CINITY ialah Alun-alun.



Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa ruang terbuka hijau memang tidak hanya diperuntukan di pusat kota saja namun kehadiran ruang terbuka hijau juga dibutuhkan di tengah area hunian dan komerisal seperti yang kalian bisa temukan di kawasan CINITY.







Comments


bottom of page